Pages - Menu

Minggu, 30 Oktober 2016

Panduan Praktis penggunaan MS. Excel, Word, Power Point serta Cara membuat Folder Management yang baik

A. Microsoft Word
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoftoffice yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point,microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain..
Berikut adalah salah satu tips dan trick yang akan saya jelaskan dari sekian banyak tips dan trick yang sudah ada.
Cara memberi nomor pada suatu makalah atau sejenisnya
Seringkali siswa siswi ataupun mahasiswa masih memisahkan folder proposan atau suatu makalah. Folder yang dipisahkan yaitu judul, kata pengantar beserta daftar isi dan isinya. Terkadang mereka melakukan hal tersebut agar mudah untuk pemberian nomor. Namun  ada suatu cara yang lebih mudah yaitu sebagai berikut
1. Selesaikan terlebih dahulu makalah yang kalian buat.
2. Langkah selanjutnya kita beri nomer terlebih dahulu untuk seluruh halamannya
Kilk Insert lalu pilih page number





6. Pilih page layout  lalu bilih break lalu pilih next page

7. Lalu klik dua kali pada bagian nomor
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang mempunyai fungsi pengolah data berupa perhitungan atau grafik. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Berikut adalah salah satu dari beberapa penggunaan praktis ms. excel dari sekian banyak penggunaan praktis ms.excel yang ada.
Cara nya adalah :
  • Klik sel C12 (lihat gambar).
  • Buat conditional formatting dengan formula berikut: =ISERROR(C12).
  • Copy C12 dan paste ke baris C13 sampai dengan C17.

D. Folder ManagementTips dan triknya dalam penggunaan folder management adalah :
  • Berilah nama yang konsisten pada file atau folder
  • Jangan terlalu panjang memberi namanya
  • Buat lah struktur folder yang dapat dikembangkan


Pilih posisi penomeran sesuka kalian
3. Lalu semua halaman akan ada nomernya
4. Masalah pertama halaman untuk cover itu bernomer padahal seharusnya halaman tersebut tidak bernomer dan nomer tersebut harus terpisah dari halaman selanjutnya  tapi tidak usah kawatir kita bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut.
5. Simpan kursor di  halaman pertama dan bagian paling bawah




 
8. Pilih menu design lalu centang  different first page
 
9. Masalah pertama susah selesai
10. Selanjutnya kita akan mengganti nomor pada halaman KATA PENGANTAR dan DAFTAR ISI menjadi angka romawi atau angka yang kalian mau.
11. Klik nomer di halaman kedua 

12. pilih page number lalu pilih format page number
 
13. Lalu pilih start at dan ketik 1 atau ganti menjadi 1
 
14. Setelah itu kita ganti penomeran menjadi angka romawi dengan cara pilih number format

15. Setelah itu karena semua nomer menjadi angka romawi maka kita akan ganti nomer menjadi semula yang dimulai dari BAB 1 caranya yaitu
16. Simpan kursor di daftar isi bagian paling paling bawah lalu klik page layout > break > next break 
 
17. Ganti nomor di halaman selanjutnya, pilih page number lalu pilih format page number Setelah itu kita ganti penomeran menjadi angka biasa dengan cara pilih number format
 
Dan penomeran dalam makalah pun telah selesai. Yang membuat makalah itu dalam satu file microsoft dan tidak perlu repot repot membuka tiga file apabila ingin mengeditnya.



Microsoft PowerPoint adalah program dari microsoft office yang gunanya untuk membuat program slide atau presentasi tertentu. Berikut adalah salah satu cara praktis penggunaan ms. powerpoint: 
Membuka microsoft powerpoint lalu,
1. Membuat suatu slide baru: 
Klik menu Insert F New Slide, atau menekan tombol keyboard CTRL + M.
2. Menyimpan File Presentasi:
Klik menu File F Save atau tekan tombol CTRL+S atau klik icon Save
  Bila file yang disimpan adalah baru pertama kali atau belum ada namanya, maka pada tahap ini anda ketikan nama filenya, lalu  tekan tombol ENTER.
3. Membuka file presentasi yang ada:
Klik menu File F Open atau tekan tombol CTRL + O atau klik icon Open.
 Berikutnya klik file presentasi yang ada pada kotak dialog Open, atau ketik nama file   presentasinya pada textbox  File name.
Klik button Open atau tekan tombol ENTER.
4. Membuat Background Slide
Klik kanan tombol mouse pada posisi pointer dibagian kosong dari slide, sehingga muncul menu pop-up seperti gambar disebelah ini.
Lalu pilihlah pilihan Background, atau tekan tombol Alt + k, sehingga akan muncul kotak dialog seperti berikut ini
Lalu klik combo box yang ada untuk kemudian pilihlah warna yang ada, atau klik pilihan More Colors, atau Fill Effects (untuk menentukan background dengan efek-efek tertentu).
5. Mengakhiri Program: 
Kliklah menu File F Exit, atau klik icon Close
Bila  belum menyimpan file presentasi yang dibuat maka akan muncul kotak dialog, pada pilihan yang disediakan kliklah button Yes untuk menyimpan file presentasi, atau klik button No untuk tidak menyimpanya, atau Cancel untuk membatalkan proses mengakhiri program Microsoft PowerPoint ini.



1. Memasukan gambar latar belakang di ms. Excel 
Supaya tampilan worksheet menarik dan tidak bosan masukan gambar kedalamnya dengan cara pilih tab page layout, klik ikon baground kemudian pilih gambar yang diinginkan tekan tombol insert.
2. Menghilangkan background
Klik tab layout kemudian klik ikon delete baground
3. Jika ingin ke sel A1 maka tekan ctrl + home
4. Menyorot data yang error :
Trik ini sangat membantu untuk menemukan error dalam lembar kerja yang memiliki banyak data. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar